fbpx

KPU Sulbar Rebut Enam Emas, Disusul KPU Mateng dan Mamuju

Reporter: Sudirman Syarif

MAMUJU, mandarnesia.com — Berhasil menyelenggarakan Pemilu 2019 hingga tahapan terakhir penetapan calon anggota legislatif DPRD terpilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Barat dan KPU kabupaten menggelar Pekan Olahraga dan Seni (Porseni).

Lomba yang berakhir 17 Agustus mempertandingkan dan memprlombakan sejumlah nomor, antara lain lomba lari kelereng, tarik tambang, lari karung, redi papan, catur dan tenis meja.

Porseni berlangsung sejak 14 Agustus 2019 di kompleks Kantor KPU Sulbar diikuti tujuh kontingen, KPU provinsi dan enam KPU kabupaten. Setiap kontingen diperkuat para komisioner KPU dan jajaran sekretariat.

Ketua KPU Sulawesi Barat Rustang menyampaikan, beragam pertandingan dan perlombaan yang digelar memiliki sejumlah tujuan antara lain, mempererat tali silaturahmi antar seluruh jajaran KPU provinsi dan kabupaten baik komisioner maupun dengan sekretariat.

“Yang lebih penting lagi, perseni ini sebagai bentuk kegembiraan kita, bentuk kesyukuran kita bersama karena tahapan Pemilu 2019 telah sukses kita gelar, terakhir KPU provinsi dan KPU kabupaten telah melakukan penetapan calon terpilih pasca tahapan sidang di MK, dimana KPU berhasil mempertahankan keputusan di majelis sidang MK,” jelas Rustang usai penutupan porseni di halaman Kantor KPU Sulbar, Sabtu (17/8/2019).

Hadir dalam acara penutupan porseni itu antara lain, anggota KPU Sulbar Farhanuddin, Said Usman Umar, Plt. Sekretaris KPU Provinsi Baharuddin, Ketua Panitia Porseni Bustaman serta jajaran KPU kabupaten se Sulawesi Barat.

Anggota KPU Sulbar divisi Hukum dan Pengawasan Farhanuddin menambahkan, porseni menjadi ajang mempererat kebersamaan setelah lebih setahun jajaran KPU mempersiapkan dan melaksanakan pemilihan umum yang pertama kali dalam sejarah Indonesia digelar secara serentak.

“Keberhasilan mempertahankan keputusan di majelis sidang MK di tahapan Perselihan Hasil Pemlihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi itu adalah atas kerja sama semua jajaran, baik komisioner maupun sekretariat mulai dari KPU provinsi, KPU kabuapaten dan jajaran ad-hoc, kami merajut kebersamaan itu dengan olahraga dan seni,” beber Farhan yang juga dosen non-aktiv FISIP Universitas Sulawesi Barat.

Sejumlah momen menarik tersaji selama pelaksanaan porseni, misalnya saat para komisioner yang selama ini serius menyiapkan tahapan pemilu, berlomba secepat-cepatnya berjalan menyentuh garis finis dengan menggigit sendok berisi kelereng, butuh ketenangan agar kelereng tak jatuh, namun disisi lain, harus berjalan cepat agar meraih posisi terdepan.

Laomba yang mengundang tawa penonton tersebut, komisioner KPU Pasangkayu, Harleywood meraih juara satu untuk di nomor putera, sedangkan di lomba kelereng putri dimenangkan kontingen Mamuju.

Keseruan juga berlangsung saat lomba balap karung dan lomba karaoke, sejumlah komisioner dan staf lomba adu vokal dengan lagu pilihan.

Ketua Panitia Porseni, Bustaman yang juga Kasubag Umum KPU Sulbar menjelaskan, kontingen KPU provinsi meraih juara umum setelah merebut enam medali emas, disusul kontingen KPU Mateng dan dan posisi ketiga ditempati KPU Mamuju.

Sumber: KPU Sulbar

error: Content is protected !!