fbpx

KPN Wadah Membentuk Jaringan Kerja

Netizen : Muh Didin Fakhruddin (Mahasiswa jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fak. Dakwah & Komunikasi UIN Alauddin Makassar)

MAJENE,mandarnesia.com-Seleksi Kapal Pemuda Nusantara (KPN) Sail Nias 2019 Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) dimulai sejak 15 Agustus 2019. Dan, akan berlangsung selama dua hari ke depan di Kabupaten Majene dan Polewali Mandar.

Adapun peserta yang ikut dalam seleksi KPN ini, berasal dari Kabupaten Polewali Mandar, Majene, Mamuju, dan Mamuju Utara. Seleksi KPN  diadakan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia bekerjasama Dinas Pemuda Olahraga Provinsi Sulbar serta Korps Alumni Kapal Pemuda Nusantara DPD Provinsi Sulbar.

Sistem yang digunakan untuk  ikut pendaftaran  KPN adalah calon peserta terlebih dahulu mengirim berkas yang telah ditentukan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI ke email panitia di tingkat Provinsi Sulbar.

“Adapun tahapan untuk menjadi peserta Kapal Pemuda Nusantara 2019 Sail Nias delegasi Provinsi Sulbar, calon peserta harus melalui pengumpulan berkas, persentasi project sosial, culture performance, fisik, renang,wawancara dan wawasan kebaharian Sulbar,”ujar Nasaruddin sebagai Ketua Panitia.

Dengan adanya kegiatan tersebut, Nasaruddin berharap, pada peserta yang lolos agar dapat membangkitkan semangat untuk bergerak di bidang maritim/bahari.

“Kita ketahui bersama bahwa Indonesia adalah negara maritim tetapi sumber daya manusianya yang perlu digali secara maksimal. Dan melalui Kapal Pemuda Nusantara inilah sebagai wadah, untuk meningkatkankan kecintaan kita khususnya pemuda kepada laut, juga membentuk jaringan kerja nasional pemuda, kemudian meningkatkan semangat menjaga NKRI serta membentuk karakter pemuda sebagai kader bangsa,” harapnya.

error: Content is protected !!