fbpx

Sandeq Race dan PIFAF Event Terbesar Tahun Ini di Sulbar

Reporter: Sudirman Syarif

MAMUJU, mandarnesia.com — Pelaksanaan event Sandeq Race 2019 mengacu pada 100 Kalender Top Event Nasional. Penetapkan sandeq diselenggarakan tanggal 7 sampai 16 Agustus 2019.

“Kegiatan ini sebenarnya kita kawinkan dengan pelaksanaan PIFAF di Polewali Mandar, dengan maksud ketika PIFAF penutupan, Kita harapkan tamu-tamu dari mancanegara itu bisa juga hadir pada pembukaan event Sandeq Race sebelum mereka kembali ke negaranya” kata Kepala Dinas Pariwisata Sulbat Farid Wadji saat rapat persiapan pelaksanaan di Lantai II Kantor Gubernur Sulbar, Jumat (19/7/2019).

Sandeq Race 2019 diikuti sebanyak 23 perahu sandeq. Ada 13 sawi di setiap sandeq.

Terdapat empat etape dalam event tersebut, etape I Polewali Mandar-Majene, etape II Majene-Sendana, etape III Sendana-Deking dan etape IV Deking-Mamuju.

Sekretaris Provinsi Sulbar Muhammad Idris mengemukakan, pelaksanaan event membutuhkan inovasi, agar pelaksanaannya memiliki daya tarik lebih dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Kita ingin pelaksanaan event Sandeq Race mendapat kemajuan dibanding dari tahun-tahun sebelumnya, sehingga menarik dan memiliki nilai tambah baru,” ucap Idris.

Kata Idris, perlu dilakukan evaluasi terhadap event Sandeq Race yang telah dilaksanakan sebelumnya, sehingga dapat diketahui sejauh mana perubahan-perubahan yang ada.

“Usianya sudah lama, yakni 21 tahun sejak dilaksanakan pada 1995. Seharusnya dari awal pelaksanaannya sampai 2018 dilakukan evaluasi di setiap tahunnya,” tandasnya,(ADV).

error: Content is protected !!