fbpx

Lestarikan Reka-reka sebagai Permainan Tradisional Mandar

Reporter: Karmila Bakri

POLEWALI, mandarnesia.com-Lestarikan permainan rakyat sebagai khasanah kekayaan lokalitas Bangsa Indonesia. Menjaga dan merawatnya sangatlah penting sebagai warisan leluhur untuk anak-anak negeri.

Di nusantara ini, beragam jenis permainan rakyat dimiliki tiap provinsi. Setiap pulau memiliki karakteristik permainan tradisional. Sesuai topografi dan ciri karakter masyarakat.

Di Polewali Mandar, tepatnya di Desa Sambaliwali, Kecamatan Luyo. Saat acara perhelatan tasyakkuran hari lahir Desa Sambaliwali ke 22 tahun dengan tema “Daulat Desa: Menjaga Identitas Lokal menuju Desa Maju, Mandiri dan Berdaulat”. Permainan tradisional Reka-reka ditampilkan begitu menarik.

Pemainnya delapan orang, empat perempuan sebagai pemain melompat dengan lincah dengan menjaga keseimbangan serta titik fokus. Empat anak laki-laki memainkan alat bambu yang ditepuk-tepukkan sembari diiringi alunan musik gitar dan suling, serta berbarengan lagu Mandar merdu terngiang di telinga. Lagu Mandar syarat akan nilai-nilai pesan leluhur yang tidak sekadar menghibur.

Kelincahan pemain musik senada dengan gerakan parreka-reka. Seru dan menghibur pastinya. Reka-reka ditampilkan di tengah-tengah pengaruh android saat ini. Game-game online seperti Mobile Legends, Dream League Soccer, Splashy Bird dan game-game online lainnya.

Game-game online ini sudah menjadi candu di kalangan generasi muda saat ini. Apatah lagi efeknya akan menjauhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitar, akibat keasyikan bermain gadget.

Permainan tradisional reka-reka yang ditampilkan oleh generasi Desa Sambaliwali tidak terlepas dari semangat memperkenalkan kembali permainan rakyat di daerah Mandar. Permainan Reka-reka tidak hanya menghibur, namun syarat akan seruan nilai-nilai kolektifitas.

“Adik-adik pemain reka-reka tidak sulit dilatih mereka dengan mudah paham mengikuti alunan musik, hingga irama yang dimainkan senanda dengan gerakan-gerakan mereka. Sikap keterbukaan atas desain kolaborasi musik senantiasa mereka mampu sesuaikan,” tutur Muhammad Muqtakdir salah satu pelatih pemain reka-reka.

Jika disandingkan dengan game-game online saat ini, pengaruh invidualistik dari adanya game-game android akan menggerus nilai-nilai sosial generasi hari ini.

Permainan Reka-reka adalah salah satu jenis permainan rakyat yang ada di Polewali Mandar, adapun permainan rakyat lainnya seperti Ma’jekka, Ma’gasing dan masih banyak lagi yang lainnya.

“Salah satu bentuk kecintaan kita terhadap budaya lokalitas adalah melestarikan permainan-permainan rakyat, ” tandas Nurdin sebagai inisiator penggerak pemuda Lantera Sambaliwali kepada mandarnesia.com.

error: Content is protected !!