fbpx

IRT Produksi Jamu Kuat dan Obat Kolesterol Tradisional di Desa Kunyi

POLEWALI, mandarnesia.com-Mengolah tumbuhan menjadi obat herbal bukanlah hal yang sulit. Ini dibuktikan dari spirit kolektifitas ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok TOGA, di Dusun Rarekan, Desa Kunyi, Kecamatan Anreapi, Kabupaten Polewali Mandar.

Ada beberapa resep jamu telah berhasil dibuat oleh ibu-ibu. Dua diantaranya adalah obat kuat (Penambah stamina) dan obat kolesterol. Bahan-bahan penambah stamina yakni: kopi hitam, lada hitam, kayu manis, lengkuas, jahe, cengkeh, gula aren dan air. Sedangkan ramuan untuk obat kolestrol, yakni: lemon, serai, kayu manis, gula batu dan air.

Jika anda ingin merasakan khasiat jamu-jamu buatan ibu-ibu, berkunjunglah ke Desa Kunyi. Ada obat kuat dan kolesterol di sini.

Hayati (52), selaku fasilitator yang mendampingi ibu-ibu di Dusun Rarekan mengatakan, sejak tahun 2014 para ibu-ibu sudah mulai menanam di halaman rumahnya dan mengolah jamu dengan resep tradisional leluhur. Namun sejak 2016 mulai dimotivasi untuk lebih mengembangkan beragam jenis jamu.

“Pendampingan secara intens dengan bekal ilmu yang didapat di pelatihan pemanfaatan TOGA dan akupresur tahun 2016 di Jakarta. Selama itu saya mobile di desa-desa khusus di Kecamatan Anreapi untuk mentransfer pengetahuan ke ibu-ibu lewat praktek langsung. Dari beberapa Desa dampingan, khusus di Dusun Rarekan, Desa Kunyi. Terlihat antusias ibu-ibu secara kolektifitas luar biasa. Dedikasi spirt membuahkan hasil hingga mengantarkan Desa Kunyi juara 1 tingkat provinsi tahun 2018,” katanya.

“Besar harapan untuk lebih meningkatkan olahan produk jamu ini dalam bentuk kemasan. Sinergitas dinas terkait tentu sangat diharapkan, adanya tempat pengolahan khusus, mesin pabrik, juga sangat dibutuhkan, ” pungkas Hayati sebagai penerima penghargaan tenaga kesehatan teladan puskesmas tingkat nasional tahun 2017 perwakilan Sulawesi Barat.

Reporter : Karmila Bakri

error: Content is protected !!