fbpx

Gading Corai Pimpin Rapat Perangkat Adat Adolang

MAJENE, mandarnesia.com-Menyikapi polemik rencana pengukuhun Adat Timbogading Desa Betteng, Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene, Ahad (14/7/2019) besok. Perangkat Adat Adolang melakukan pertemuan, di Rumah Adat Papuangan Adolang Gading Corai, Sabtu (13/7/2019).

“Dengan adanya pembentukan Adat Baru di Timbogading sangat melecehkan adat kita. Mereka berkeinginan membentuk adat saingan,” kata Gading mengawali pembukaan pertemuan bersama perangkat adat.

Gading juga kembali menyampaikan, sudah beberapa kali menghadap ke Bupati Majene Fahmi Massiara bersama perangkat adat.

“Kami minta kepada bupati mulai dari ujung kaki sampai ujung rambutnya, atas nama masyarakat Adolang bersama perangkat adat, kalau bisa pak bupati jangan direspon dan bubarkan. Kemudian kemarin ada pertemua di Pamboang saya sampaikan juga ke Anak Pattola kalau bisa nak tenang, peganglah pesan-pesan leluhur kita bahwa kita ini beradat dan bermartabat,” tuturnya.

Namun dalam pertemuan, salah seorang dari Tokoh Adat Perempuan menolak keras jika akan ada pengukuhan Adat Timbogading.

“Kalau memang datang itu bupati besok, kita palang memang manusia di sana,” tegas Sundari, yang jauh-jauh datang dari Pare-pare untuk ikut dalam pertemuan tersebut.

Berbagai masukan dalam pertemuan itu. Hasilnya tak akan ada aksi-aksi. Sepanjang Bupati Majene tidak menghadiri pengukuhan Adat Timbogading. Namun jika bupati tetap hadir, pihak Tokoh Adat Adolang tidak bertanggungjawab persoalan tersebut.

Sementara itu, Ma’rifatullah Anak Pattola Adat Adolang menyampaikan, masyarakat Adolang harus tetap sadar akan adat istiadat dan peduli terhadap budaya.

“Walaupun kita berada dalam skala pemerintahan daerah, tapi asal muasal kita adalah adat istiadat, harus menghormati adat yang telah ada dan turun temurun. Saya harap pak bupati yang merupakan katurunan dari Pa’bicara Banggae, saya kira berfikir lebih makkeada’. Dia harus sadar tentang adat. Berarti kalau anda hadir berarti menyetujui. Anda hadir sebagai pelayan, anda harus tahu latar belakang persoalan ini seperti apa,” tegasnya.

Ketfot : Pappuangan Adolang Gading Corai saat memimpin rapat bersama perangkat Adat Adolang/Busriadi Bustamin

Reporter : Busriadi Bustamin

error: Content is protected !!