fbpx

Pendaki Cilik, Berhasil ke Puncak Gunung Gandang Dewata

Laporan : Karmila Bakri

Aldo Amandika(13) berdomisili di Dusun Panamba, Desa Kalukku Barat, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.  Saat ini mengenyam pendidikan pada tingkatan kelas VII di SMP Swasta Budi Mulya, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju.

Sewaktu Di usia 12 tahun di mana Aldo selesai menamatkan jenjang pendidikannya di SD Inpres Panamba, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju. Pada saat yang sama telah menaklukkan puncak Gunung Gandang Dewata. Gunung Gandang Dewata adalah salah satu gunung tertinggi yang terletak di kawasan Sulawesi Barat.

Gunung Gandang Dewata telah ditetapkan pula sebagai Taman Nasional Gandang Dewata. Secara administratif berada di empat kabupaten yaitu Kabupaten Mamasa, Kabupaten Mamuju, Kabupaten Mamuju Tengah dan Kabupaten Mamuju Utara.

Pada tanggal 20 -25 juni 2018, Aldo telah berhasil menaklukkan puncak Gunung Gandang Dewata 3037 mdpl, bersama pendaki cilik seven summit Khansa Syahlaa Aliyah, Wapal Cadas Makassar Sipalasita Jeneponto, SPalacipa Makassar, Hore Makassar, dan KPA Gempar Mamuju.

Aldo berada di tengah-tengah kakak-kakak pecinta alam begitu antusias, di mana sejak kelas IV SD sudah tertarik ingin mendaki gunung. Namun baru di usia 12 tahun berhasil terwujud.

Awal mula muncul niat ingin mendaki saat di mana di rumahnya sering dijadikan tempat persinggahan kakak-kakak pecinta alam.
Aldo memperhatikan dengan saksama para pecinta alam yang rehat di rumahnya mempersiapkan energi untuk memulai mendaki menuju zona Gunung Gandang Dewata.

Aldo yang bercita-cita ingin menjadi TNI ini sangat bersemangat saat kakak kandungnya Nirwansya(30) mengajaknya mendaki ke Gunung Gandang Dewata. Nirwansya (30) kakak Aldo juga anggota KPA Gempar Mamuju.

Rute jalur yang di tempuh start dari kalukku, dan mengambil arah jalur ke Mamasa. Aldo bersama tim pendaki tektok alias pulang pergi.
Lelah pasti dirasakan Aldo namun bukan berarti keluhan itu diucapkannya.

Saat di mana telah berhasil sampai di Puncak Gunung Gandang Dewata, Aldo merasakan dingin yang luar biasa hingga kakak-kakak pecinta alam sempat melepas jacket, menutupi badan Aldo. Mentalnya sedikit melemah ternyata perutnya kosong, maklum sepanjang perjalanan hanya menikmati cemilan makanan ringan.

Selepas menikmati mie rebus Aldo kembali semangat dan berfoto-foto ria bersama kakak-kakak pendaki. Selama 2 jam berada di Puncak Gunung Gandang Dewata berdamai dengan dingin. Hingga akhirnya start semangat kembali pulang.

Kisah Pendaki Cilik Aldo Amandika ini, bisa jadi salah satu pendaki cilik pertama dari Sulawesi Barat yang telah berhasil memesrai Puncak Gunung Gandang Dewata.

error: Content is protected !!