fbpx

Pertama Kali, Pemprov Sulbar Laksanakan Diklatpim

MAMUJU, mandarnesia.com — Untuk kali pertama, pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) diselenggarakan di Provinsi Sulawesi Barat.

Pembukaan Diklatpim Tingkat IV Angkatan II Lingkup Pemprov Sulbar dibuka Sekprov Sulbar Muhammad Idris di Ruang Auditorium Lantai IV Kantor Gubernur Sulbar, Selasa (23/2). Dalam sambutannya, Muhammad Idris mengaku penyelenggaraan Diklatpim secara mandiri tidak terlepas dari berbagai kekurangan yang ada. Namun bukan menjadi alasan untuk tidak percaya diri melaksanakan.

“Dengan segala keterbatasan yang kita miliki, kita harus percaya diri menyelenggarakan Diklat secara mandiri. Sehingga saya memutuskan mulai tahun ini hingga seterusnya DiklatĀ  diselenggarakan di Sulbar,” kata Idris, Selasa (23/2/2019).

Diklatpim diikuti sebanyak 40 peserta dan pelaksanaan pelatihan dimulai 23 April sampai 6 Agustus 2019.
Diklatpim diikuti sebanyak 40 peserta dan pelaksanaan pelatihan dimulai 23 sampai 6 April 2019.

Meski demikian, sambung Idris, Diklatpim yang dilaksanakan di Sulbar hanya untuk berbasis kelompok tidak untuk perorangan.

Ke depan akan mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) di Sulbar untuk bersama-sama menyelenggarakan Diklat aparatur di daerah. Hal itu menyadari akan keterbatasan sarana dan prasarana di balai pelatihan. Pria yang pernah menjabat Deputi Bidang Diklat Aparatur LAN RI berpesan kepada peserta Diklatpim untuk memiliki kesabaran dan menutupi segala kekurangan.

“Di antara kawan-kawan yang terpilih ini jangan mengeluh. Saya titipkan mohon ada kesabarannya selama berada di kampus dan tutupi segala kekurangannya. Diharapkan semua peserta serius mengikuti pelatihan dan tidak ada yang tertinggal atau tidak lulus,” jelasnya.

Kepala Pusat Pelatihan, Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintah (Puslatbang KMP) LAN Makassar Andi Taufik menyampaikan, pelaksanaan Diklatpim di Sulbar merupakan suatu momentum bersejarah di Sulbar.

Hadir dalam pembukaan Diklatpim, Asisten Bidang Adminstarsi Djamila, sejumlah Pimpinan OPD Lingkup Sulbar, Widyaswara, Jajaran BPSDM Sulbar.
Hadir dalam pembukaan Diklatpim, Asisten Bidang Adminstarsi Djamila, sejumlah Pimpinan OPD Lingkup Sulbar, Widyaswara, Jajaran BPSDM Sulbar.

“Saya sangat senang, apa yang kita lakukan hari ini merupakan momentum bersejarah di Sulbar, sebab ini adalah Diklatpim yang pertama dilaksanakan di daerah ini,” tutur Taufik.

Taufik menyatakan, terwujudnya pelaksanaan Diklatpim di Sulbar sebagai langkah awal yang sangat baik dan luar biasa, yang telah diputuskan Sekprov Sulbar bersama jajaran.

Ia menambahkan, menjadi peserta Diklatpim merupakan suatu kehormatan, sebab dari 238 ribu lebih pejabat eselon IV di seluruh Indonesia, tidak semua mendapat kesempatan untuk bisa mengikuti pengembangan kompetensi.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulbar Yacob F. Solon menyampaikan, tujuan pelaksanaan Diklatpim tingkat IV tersebut untuk membentuk kompetensi kepemimpinan operasional dan pemimpin perubahan pada pejabat struktural eselon IV yang akan berperan, serta melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansi masing-masing.

Disebutkan, Diklatpim diikuti sebanyak 40 peserta dan pelaksanaan pelatihan dimulai 23 sampai 6 April 2019. Sedangkan, untuk seluruh proses kegiatan belajar mengajar akan dipusatkan di Balai Pelatihan Pertanian Sulbar, (ADV).

Reporter: Sudirman Syarif

error: Content is protected !!