Cara KPU Tingkatkan Partisipasi Pemilih

MAMUJU,Mandarnesia.com-Berbagai upaya dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk terus menggenjot partisipasi pemilih pada Pileg dan Pilpres, Rabu 17 April 2019 mendatang.

Salah satunya dengan melakukan perekrutan Relawan Demokrasi (Relasi). Di KPU Polewali Mandar (Polman) misalnya, sebanyak 55 relasi, terdiri dari 32 laki dan 23 prempuan terus aktif melakukan sosialisai ke masyarakat.

“Iya sudah masif itu. Sudah ada juga ke sekolah-sekolah untuk menyasar pemilih pemula,” kata Ketua KPU Polman Rudianto di ruang kerjanya, Selasa (29/1/2019) kemarin.

Menurutnya, ada beberapa tujuan program relasi, yakni meningkatakan kualitas proses pemilu, meningkatkan partisipasi pemilih, meningkatakan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi, dan membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda pemilu dan demokrasi.

“Kemudian ada 10 basis,” tuturnya.

Untuk basis, sambung Rudianto, basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, pemilih
penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, pemilih marginal, komunitas, kegamaan, dan warga internet.

Komisioner KPU Polman Devisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Munawir juga mengungkapkan, salah satu tujuan relasi untuk mendorong pendidikan politik dan meningkatkan partisipasi masyarakat yang selama ini tidak dapat menyalurkan hak pilihnya dalam pemilu. Tugas relasi, akan berakhir pada 14 April mendatang.

“Kita berharap bahwa relawan demokrasi dapat bekerja maksimal selama lebih kurang tiga bulan, dalam proses penyadaran politik dan upaya masyarakat untuk datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya,” harap Munawir.

Reporter: Busriadi Bustamin

Komentar Anda
Baca Juga:  KPU: TPS Harus Mempermudah Akses Bagi Pemilih
error: Content is protected !!
Open chat
1
Assalamu Alaikum
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by