Terlalu Besar, OPD Pemprov Sulbar Akan Dirampingkan

MAMUJU, Mandarnesia.com — Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Barat Muh. Idris DP menyebut, akan melakukan perampingan jumlah organisasi dan kelembagaan lingkup pemerintah provinsi.

“Jumlah organisasi atau kelembagaan di lingkungan Pemprov Sulbar tergolong besar. Perlu dilakukan penataan agar objektifitasnya lebih tinggi dan efisien. Kecenderungan yang saya baca, terlalu besar organisasi kita, ke depan perlu dirampingkan. Tetapi sebelumnya harus dievaluasi dan dianalisis dulu,” kata Idris dalam evaluasi dan validasi perangkat daerah lingkup Pemprov Sulbar, di lantai II Kantor Gubernur Sulbar, Senin (3/12/2018).

Menurut Idris, salah satu yang perlu diperhatikan adalah kesesuaian dengan visi dan misi Pemerintah Sulbar. Sehingga organisasi yang akan dikembangkan mengikuti jumlah wilayah di daerah.

“Organisasi yang betul-betul ingin kita kembangkan adalah yang sesuai fungsinya, jadi kita jangan mengikuti provinsi lain yang memiliki banyak kabupaten. Padahal di Sulbar sendiri, hanya terdapat enam kabupaten saja,” ungkapnya.

Disampaikan pula, struktur organisasi yang baik mampu beradaptasi secara responsif, maupun antisifatif tarhadap tuntutan perubahan lingkungan. Proses organisasi merupakan gambaran berlangsungnya seluruh aktifitas organisasi, untuk menciptakan dan memelihara rantai nilai (value chain) dalam rangka mencapai tujuan utama secara dinamis.

“Secara ideal, struktur organisasi harus bersifat dinamis, sebagai konsekuensi dari adaptasi terhadap dinamika perubahan lingkungan internal dan eksternal. Dengan demikian di dalam proses organisasi seluruh aktifitas dan interaksi elemen-elemen organisasi harus memiliki keselarasan satu sama lain,” tutupnya.

Reporter: Sudirman Syarif

Komentar Anda
Baca Juga:  Habsi: Bantuan BSPS Perlu Disyukuri
error: Content is protected !!
Open chat
1
Assalamu Alaikum
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by