fbpx

Andi Depu Kembali Diusulkan sebagai Pahlawan Nasional

MAMUJU – Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat kembali akan mengajukan permohonan kepada Pemerintah Pusat agar Hj Andi Depu ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional.

Menurut Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar (ABM) hal tersebut sangat penting mengingat Andi Depu telah menerima penghargaan dari Presiden Sukarno sebagai Maha Putra Utama.

“Kita ingin Sulbar juga memiliki Pahlawan Nasional dan memang pantas untuk diusulkan. Sudah Mahaputra” kata ABM Kepada mandarnesia.com di Mamuju, Sabtu (23/12/2017).

Kemudian lanjut ABM, beliau memiliki banyak jasa. Termasuk menghabiskan harta bendanya untuk perjuangan. Sehingga keluarga-keluarganya saat ini hidup biasa saja.

“Ini yang harus diperhatikan bagi kita sebagai bangsa yang beradab. Menghargai jasa pahlawannya. Salah satunya mengusulkan dia menjadi Pahlawan Nasional. Supaya kita juga bangga bahwa di Mandar ada pahlawan Nasional.”

Untuk sementara, tambah ABM, Andi Depu yang diusulkan. To Kape, Ammana I Wewang, dan Ammana I Pattolawali juga akan didorong.

Sabtu pagi, di Maleo Mamuju digelar Seminar Nasional Pengusulan Ibu Agung Andi Depu sebagai Pahlawan Nasional. Agenda ini dihadiri narasumber: Profesor Dr. Susanto Suhdi, Departemen Sejarah UI, Dr. Suradi Mappangara dosen Unhas/sejarawan, Afni Kasubdit Penghragaan Kemensos RI, Dr. Ahmad Saransi. Acara dipandu novelis Mandar, Adi arwan Alimin.

#SudirmanSyarif

Komentar Anda

error: Content is protected !!