fbpx

Pendaftar LO Peserta PIFAF Membludak, Bukti SDM Polman Siap

Polewali, mandarnesia.com-Perhelatan tahunan berskala international sebentar lagi akan digelar di Polewali Mandar. Polewali Mandar International Folk and Art Festival atau disingkat PIFAF untuk yang keempat kalinya akan dimeriahkan 7 Negara yaitu, India, Korea Selatan, Timor Leste, Ceko, Slovakia, Ekuador serta Indonesia.

6 Negara asing yang akan ikut dalam festival dengan pengunjung terbanyak di Sulawesi Barat tersebut akan didampingi masing-masing satu Laisson Officer atau lebih mudah disebut LO. Seksi bidang LO Muhammad Ridwan, SS menyebutkan ada sebanyak 48 pendaftar untuk menjadi pendamping dan penerjemah saat  peserta dari luar Indonesia berada di Polewali Mandar.

“Pendaftar LO ada 48 orang, hanya 38 orang yang ikut tes wawancara di kantor Dispop Polewali Mandar, karena bertepatan dengan kegiatan mereka yang lain” tutur Ridwan

“Semuanya mampu berbahasa Inggris, 70 persen dari mereka memiliki pengetahuan budaya dan pariwisata di Kabupaten Polewali Mandar” tambah Ridwan kepada mandarnesia.com 11/07/2019.

Seksi LO juga menyebutkan yang dibutuhkan 6 orang untuk posisi helper yang akan membantu LO mendampingi peserta PIFAF 2019, sehingga total yang akan diterima adalah 12 orang.

Pada kesempatan terpisah melalui pesan WhatsApp, Kadis Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Polewali Mandar Andi Masri Masdar, S.Sos., M.Si menyampaikan dua hal terkait tingginya animo generasi muda dalam menyambut PIFAF.

“Salah satu manfaat dimiliki PIFAF adalah pemberdaan generasi muda yang memiliki skill berbahasa asing utamanya bahasa inggris, juga PIFAF memberikan peluang kepada generasi muda untuk terjun langsung mengembangkan potensi wisata yang ada di Polewali Mandar melalui LO, sekaligus sebagai wadah untuk mengembangkan potensi diri” ungkap Andi Masri Masdar kepada mandarnesia.com

Andi Masri Masdar juga menyebutkan bahwa banyaknya pendaftar LO dan pendamping negara asing peserta PIFAF menjadi tolak ukur bahwa Polewali Mandar memiliki banyak potensi generasi muda serta Bumi Tipalayo ini siap dengan sumberdaya yang mumpuni.

“Banyaknya pendaftar merupakan salah satu tolak ukur kesiapan SDM, sebagai faktor daya dukung kemajuan pariwisata di suatu daerah seperti Polewali Mandar yang kita cintai dan banggakan” Tambah Andi Masri Masdar, 12/07/2019.

Reporter : Sudirman Syarif

Komentar Anda

error: Content is protected !!