fbpx

Ada Aksi Dum-Duum Ala Dinkes Polewali Mandar

Laporan: Karmila Bakri

Matakali, mandarnesia.com — Pukul 09.00 sampai 15.00 Wita, tepatnya Kamis (13/6/2019), aksi Dum-Duum digelar di Kantor Desa Indumakkombong, Kecamatan Matakali, Kabupaten Polman.

Dum-Duum itu bukan semacam acara konser musik, namun Dum-Duum ini adalah aksi kemanusiaan.

Yah dilihat dari istilah Dum-Duum semacam acara hiburan bertajuk anak madu. Menggelitik hati untuk mengetahui apa itu Dum-Duum.
Setiap UPTD Puskesmas dihimbau langsung untuk nge-Dum-duum. Ini instruksi langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar, H.M.Suaib Nawawi, SKM.,M.Kes.

Nah hari ini di Desa Indu Makkombong telah berhasil menggelar aksi Dum-Duum. Kebutuhan darah bagi ibu-ibu melahirkan dan para pasien-pasien adalah suplemen wajib. Apa kaitannya antara Dum-Duum dengan darah?

Oh ternyata Dum-Duum itu singkatan dari Darah untuk Kemanusiaan, Darah untuk Ibu Melahirkan.

Kegiatan Dum-Duum ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh Dinkes Kabupaten Polewali Mandar. Dimana, melibatkan UDD PMI Polman sebagai mitra, tenaga kesehatan berupa bidan desa dan tenaga medis, serta seluruh lapisan masyarakat yang siap mendonorkan darahnya.  Mendonorkan darah secara sukarela tentunya demi tujuan kemanusiaan.

Aksi Dum-Duum ini diramaikan oleh H.M.Suaib Nawawi, SKM.,M.Kes selaku Kepala Dinkea Polman, hadir pula Ir. Bebas Manggasali. M.Si selaku Sekda Polman.

Menurut Bidan Desa Indumakkombong Rabiatul Adwiyah, Am. Keb (30), “Alhamdulillah masyarakat antusias untuk mendonor demi untuk ibu hamil dan untuk mengurangi angka kematian. Harapannya semoga masyarakat menjadi pendonor rutin, adapun jumlah pendonor sebanyak 34 orang berhasil mendonor secara sukarela,”.

Kepala Dinkes Polman ikut pula mendonor. Meski selesai mendonor fisik sedikit melemah, namun semangat kadis sangat luar biasa.
Semangat untuk nge-Dum-Duum tidak kalah antusiasnya dengan warga. Namun Sekda tidak sempat mendonor dikarenakan beliau sedang berpuasa.

Mendonor darah untuk kemanusiaan adalah sebagai bentuk empati kepada sesama manusia. Jangan takut mendonor karena setetes darah bisa menyelamatkan nyawa saudara-saudara yang membutuhkan.

Tunggu apalagi ayo menjadi pendonor yang rutin, bisa join nge-Dum-Duum di Desa-desa yang digelar oleh dinas kesehatan kerjasama dengan UDD PMI. Boleh juga anda rutin ke kantor UDD PMI Polman di Jln. Ratulangi samping RSUD Polman.

error: Content is protected !!