fbpx

Virus Cacar Monyet Mewabah, Pengawasan di Pelabuhan dan Bandara Diperketat

MAMUJU, mandarnesia.com — Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Barat memperketat pemeriksaan kesehatan kedatangan ke Sulawesi Barat. Khusunya di bandara dan pelabuhan. Hal itu dilakukan antisipasi penularan cacar monyet atau monkeypox yang sedang mewabah di negara tetangga seperti Singapura.

Dinas kesehatan melibatkan Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di setiap bandara dan pelabuhan di Mamuju.

“SOP Kemenkes Indonesia antisipasinya semua pintu masuk di bandara dan pelabuhan ada petugas KKP. Memang antisipasi karena sistem transportasi kita semakin canggi dan terkoneksi. Misalnya berangkat dari luar negeri besok sudah tiba di Mamuju,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sulbar, dr. Achmad Azis, Rabu (15/5/2019).

Dalam waktu 24 jam, kata Acmad, jika ditemukan ada indikasi penyakit akan dilaporkan secara berjenjang. PPK melapor ke puskesmas, kemudian kabupaten ke provinsi dan dilanjutkan ke pusat.

“Diharapkan dalam waktu 24 jam semua sudah terlaporkan agar langkah awal bisa kita laporkan. Kalau kita di sini kita tidak ada laporan (Cacar monyet) dan belum ada potensi. Tapi ada kasus seperti ini akan lebih diperketat,” tutupnya.

Reporter: Sudirman Syarif

Foto: FB Farhan Surya Ningrat

Komentar Anda

error: Content is protected !!