fbpx

Hari Pencoblosan Tersosialisasi, Namun Belum Paham Mencoblos

MAJENE, mandarnesia.com — Hari H Pemilu menyisakan tiga hari menuju Rabu 17 April 2019. Sebagian masyarakat mengaku telah mengetahui hari pelaksanaan Pemilu yang melibatkan lima pemilihan sekaligus.

Masyarakat memahami bahwa ada lima jenis Surat Suara (Susu) yang akan dicoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Pemilihan presiden dan waki presiden, pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi, dan DPRD kabupaten.

Reporter mandarnesia.com yang menemui beberapa masyarakat di Desa Salutahongan, Kecamatan Malunda, Majene sebagian besar telah mengetahui hari H Pemilu tahun 2019.

Namun sebagian mereka ada yang tidak mengetahui warna Susu untuk masing-masing pemilihan termasuk cara mencoblos yang benar.

Salutahongan merupakan daerah paling terpencil di Kecamatan Malunda, Mejene. Di desa tersebut ada empat TPS dengan jumlah pemilih 625, laki-laki 333 perempuan 292.

Ramli masyarakat yang ditemui di depan rumahnya saat berkumpul bersama keluarga mengatakan telah mengetahui pelaksanaan hari H Pemilu tahun 2019. Cuman belum tahu secara pasti warna-warna Susu.

“Ia saya tahu, hari H Pemilu Rabu 17 April 2019. Namun saya belum tahu bagaimana cara mencoblosnya agar suara sah atau tidak batal,” kata Ramli kepada mandarnesia.com, Sabtu (13/4/2019).

Menurutnya, kedatangan Relawan Demokrasi KPU Kabupaten Majene ke Salotahongan memberi pencerahan baginya setelah mendapat penjelasan.

Hal serupa juga diungkapkan Bia, ia juga belum mengetahui secara jelas warna-waran Susu dan belum tahu bagaiaman cara mecoblos yang benar.

“Bagus karena sudah ada relawan demokrasi yang datang ke kampungan kami membantu mamberi tahu bagaiamana cara mencoblos yang benar,” tutupnya.

Reporter: Sudirman Syarif

Komentar Anda

error: Content is protected !!