Pekan Teknologi Laboratorium Medik Pertama di Majene

Laporan: Muhammad Shiddiq

Hari ulang tahun Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (PATELKI) ke 33 yang jatuh pada tanggal 26 April, diperingati pertama kalinya di Kabupaten Majene pada Ahad 14 April 2019.

Ditandai dengan diselenggarakannya Pekan TLM (Tenaga Laboratorium Medik) oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PATELKI Majene.

Pekan TLM ini bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat Kabupaten Majene mengenai profesi tenaga laboratorium medic, yang diisi dengan kegiatan pemeriksaan golongan darah dan gula darah secara gratis.

Kegiatan ini, selain diikuti oleh Bupati, Wakil Bupati, dan Sekretaris Daerah, turut pula hadir Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Majene beserta para pejabat eselon lingkup Pemda Majene.

Bahkan masayarakat yang hadir pada acara tersebut yang dirangkaikan dengan kegiatan Car Free Day (CFD), turut memeriksakan diri pada stand yang disiapkan oleh Para Pengurus PATELKI DPC Majene.

PATELKI dahulunya adalah singkatan dari Persatuan Analis Laboratorium Kesehatan Indonesia, yang merupakan wadah organisasi dari para lulusan pendidikan analis kesehatan di Indonesia.

Kini singkatan dari PATELKI adalah Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia. Perubahan ini dikarenakan peneyebutan nama ‘Analis Kesehatan’ sudah tidak digunakan lagi berdasarkan Undang-undang RI Nomor 36 Tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan Pasal 11 ayat 12.

Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) adalah nama yang digunakan bagi seseorang yang berprofesi di laboratorium medic, melakukan pelayanan pemeriksaan, pengukuran, pengujian terhadap bahan pemeriksaan yang berasal dari manusia ataupun bukan dari manusia.

Sehingga menentukan jenis penyakit, penyebab penyakit, membantu proses penyembuhan penyakit seseorang. Seorang dokter untuk dapat memastikan diagnose penyakit pasiennya adalah dengan meminta pasien tersebut melakukan pemeriksaan laboratorium.

Untuk negeri sebesar Indonesia, ATLM masih sangat dibutuhkan. Banyaknya jenis penyakit yang didapat pada iklim tropis ini menyebabkan profesi medis termasuk ATLM masih sangat dibutuhkan.

Di Kabupaten Majene jumlah ATLM per April 2019 sebanyak 23 orang yang terdiri dari 8 orang PNS (3 orang di RSUD Majene, 5 orang tersebar di PKM), 6 orang Nusantara Sehat, dan 9 orang tenaga honorer/sukarela.

Kegiatan Pekan TLM ini sangat baik dilaksanakan, selain masyarakat jadi lebih mengenal profesi ATLM juga dapat meningkatkan keakraban silaturahmi sesama angoota PATELKI.

Ketfot: Foto bersama Pengurus PATELKI DPC Kabupaten Majene/Muhammad Shiddiq

Komentar Anda

error: Content is protected !!