Cerita dari Our Trip to Paminggalan

Our Trip to Paminggalan yang dilaksanakan oleh Lintas komunitas dan Lembaga Negara Sulawesi Barat Komunitas Literasi Mandar, Polres Majene,  PKH Provinsi Sulbar, rombongan PKH Majene, Relawan Demokrasi KPU Majene, Bidang Paud dan PNF Disdikpora Majene, PKM Sendana I, KSR PMI Sendana dan relawan Pemuda Somba tanggal 09-10 Februari 2019 di Ds.Paminggalan Kecamatan Sendana.

Our Trip to Pamenggalan salah satu wilayah dampingan remote area terparah di Majene akhirnya berjalan dgn baik. Acara ini kerja bareng PKH, Penggerak Literasi, Polres Majene, Tim Dokter dan Perawat, Asosiasi Apotik serta berbagai organisasi nirlaba lainnya.

Tim ini berhasil menghimpun sejumlah bantuan sehingga dapat menyumbang makanan bayi, keperluan disabilitas dan lansia serta seragam sekolah anak-anak PKH, FDS Maraton dua modul keroyokan.

Tim juga menyumbangkan buku, Al Quran, untuk perpustakaan desa, karpet masjid dua shaf, pemeriksaan kesehatan gratis, obat gratis untuk Pustu, workshop, lomba menggambar untuk anak-anak, gelar lapak baca.

Kades Pamingglan sebagai pemimpin desa terpencil di Perut Sulawesi itu terharu dan bangga atas kunjungan tersebut skeligus berharap dapat ditingkatkan ke depan.

Kegiatan yang dilaksanakan antara sosialisasi penerima dana bansos dan sosialisasi pemilu. PKH Kab Majene yang didampingi oleh Korwil prop.Sulbar Bustan Basir melaksanakan Sosialisasi tentang cara penerimaan dan penarikan dana bansos bagi warga masyarakat Desa Paminggalan yang berjumlah 60 orang.

Relawan Demokrasi Kpu majene yang di pimpin oleh saudara Ramli melaksanakan sosialisasi tentang pelaksanaan pemilu dan menghimbau kepada masyarakat untuk tidak golput dan mendatangi tempat pemungutan suara 17 April 2019.

Relawan dari Tim Media Literasi Mandar, PKM sendana I, KSR PMI Sendana  melaksanakan Bakti Kesehatan berupa mengukur tekanan darah, gula dan mengobati masyarakat paminggalan yang menderita sakit.

Semua relawan yAng tergabung dalam Our Trip Paminggalan melaksanakan kerja bakti di mesjid Desa Paminggalan.

Penyaluran program 4s (Sebulan Sekali Sumbang Sajadah) dan Penyerahan Al-Quran Polres Majene Kapolsek Sendana mewakili Kapolres Majene AKBP ASRI EFFENDY .S.I.K setelah shalat  Ashar berjamaah, menyerahkan bantuan   Sajadah ( ambal besar ) yang langsung diterima oleh Imam Mesjid Darul Hidayah Paminggalan.

Shalat Mahgrib di lanjutkan dengan Penyerahan Al-Quran oleh Dandim 1401 Majene Letkol. Inf. Ragung Ismlai Akbar, S.Sos, M.I.Pol  dan Aiptu Bahari yang mewakili Kapolres Majene serta Penggiat literasi mandar dan diterima oleh Imam Mesjid dan Kepala Desa Paminggalan. Donasi tersebut dari Kapolres Majene dan Nusa Pustaka Pambusuang Ridwan Alumuddin.

Bertempat di pinggir sungai Paminggalan di gelar lapak baca untuk masyarakat dan pelajar Desa Paminggalang yang diisi dengan lomba mewarnai dan mengambar didukung oleh bidang paud dan PNS Disdikpora Majene dan para penggiat literasi mandar kemudian giat diakhiri penyerahan buku donasi komunitas Literasi Mandar oleh Dsdikpora majene dan Kapolsek Sendana, serta penggiat literasi mandar yang diterima oleh Kepala Desa Paminggalan.

Beberapa kegiatan sosial pun tak luput dari sasara tim Our Trip to Paminggalan diataranya revitalisasi pembersihan perpustakaan SD 041 Paminggalan, Bhakti sosial pembersihan masjid Paminggalan,  ramah tamah dan penyerahan bantuan bagi masyarakat yang kurang mampu.

Bertempat di Aula Desa Paminggalan dilaksanakan malam ramah tamah sekaligus memperkenalkan tim Our Trip to Paminggalan kepada masyarakat. Pada kesempatan tersebut DANDIM 1401 Majene berpesan kepada masyarakat agar selalu menjaga tali silaturahim terutama dalam menyambut pesta demokrasi 2019, kegiatan diakhiri dengan pemberian sumbangan bagi masyarakat yang kurang mampu dan siswa pelajar kurang mampu  dari Bantuan PKH Kabupaten Majene ditambah  Sumbangan donasi dari masyarakat Kabupaten Majene di kumpul oleh Tim Relawan Our Trip to Paminggalan.

Kepala Ds Paminggalan bersama warganya menyambut kegiatan tersebut dengan sangat baik dan berharap bisa berlanjut ke desa2 yang terpencil yang ada di Kab Majene. beliau dan warga mengucapkan terima kasih kepada seluruh relawan serta Pelaksana OUR TRIP TO PAMINGGALAN Giat berjalan aman dan lancar

Kegiatan pada 10 Februari 2019 senam Maumere di SD Paminggalan, Safari Situs tentang Penyiaran Agama Islam di Tanah Mandar Petilasan Syekh Abdul Rahman di pinggir Sungai Paminggalan dan keseluruhan giat diakhiri dengan rekreasi ke Air terjun Paminggalan kemudian Tim kembali ke Kota Majene.

Rilis : Tim Our Trip to Paminggalan

Foto-Foto : Tim Our Trip to Paminggalan

Komentar Anda

error: Content is protected !!