fbpx

Mahasiswa Unasman Magang di Makassar

POLEWALI,Mandarnesia.com-Tahun kedua, mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman) Polewali Mandar magang di Makassar, Sulsel.

Magang yang berlangsung dari tanggal 5 hingga 8 Februari 2019 merupakan salah satu program mata kuliah semester tujuh. Sekaligus sebagai syarat pada ujian tutup nantinya.

Ketua Jurusan Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Hafsah mengatakan, magang pertama angkatan 2014 dan kedua, tahun 2019 angkatan 2015.

Untuk lokasi magang yang berjumlah 70 orang, di MTS Model Makassar, MAN 2 Kota Makassar, dan UNM Makasar Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Sastra Daerah.

“Hari kedua di SMP Islam Atira 2 Baruga, Balai Pustaka, Perpustakaan Wilayah, kemudian berkunjung ke Benten Roterdam.
Karena Roterdam banyak memiliki sejarah serta budaya di Sulsel maupun di Sulbar. Hari terakhir, rekreasi di Banti Murung,” kata Hafsah.

Setiap kegiatan, sambung Hafsah, ada tugas diberikan dengan membuat observasi setiap hal yang dikunjungi. Sehingga, bisa bermanfaat dari setiap mahasiswa baik secara kelompok maupun individu.

“Ada juga nonton bersama. Tidak hanya menonton, tapi ada tugas resensi film, setelah melaksanakan magang akan ada seminar hasil magang. Setiap kelompok meprsentasikan setiap daerah, setiap apa yang dikunjungi sehingga nampak observasi yang dilakukan ada pembelajaran yang terjadi selama masa magang,” tutur Hafsah.

Rektor Unasman Chuduriah Sahabuddin berharap, pada mahasiswa FKIP khususnya Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia dapat memiliki pengalaman dan tambahan wawasan pengembangan Ilmu.

Serta memiliki motivasi untuk terus belajar agar mampu bersaing dangan Perguruan Tinggi (PT) yang berada di Makassar.

“Asalkan mau belajar dan ingin maju, semua punya kesempatan yang sama. Yang terpenting juga adalah menanamkan rasa percaya diri bahwa tidak ada perbedaan antara mahasiswa yang kuliah di daerah dan di kota,” ucap Chuduriah, melalui pesan WhatsApp, Sabtu (9/2/2019).

Ketfot: Mahasiswa didampingi Dekan FKIP dan Ketua Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia berfoto bersama saat melakukan kunjungan ke Balai Bahasa Sulselbar di Makassar. Foto: Ketua Prodi Bahasa Indonesia, Hafsah.

Reporter: Busriadi Bustamin

error: Content is protected !!