fbpx

KPU Temukan Sejumlah Kotak Suara Rusak

MAJENE,Mandarnesia.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Majene dan KPU Polewali Mandar menemukan kotak surat suara dari bahan kardus yang rusak ketika melakukan penyortiran.

Koordinator Divisi Logistik Pemilu Arsalin Aras membenarkan hal itu. Sebenarnya, kata Arsalin, kerusakan tidak sampai fatal. Hanya saja, pada bagian sisi ada goresan.

“Sehingga masih layak pakai jika tidak ada penggantian. Saat kami terima dengan membuka plastiknya memang sudah demikian adanya,” kata Arsalin Aras juga Ketua KPU Majene, Selasa (12/2/2019).

Jadi, sambung Arsalin, kerusakan sudah disampaikan Kepala Sekretariat KPU Majene ke Sekretaris KPU Sulbar dan Biro Logistik KPU RI.

“Selanjutnya kami di kabupaten menunggu info atau jawaban lebih lanjut terkait surat kami tersebut. Kewajiban kami memang melaporkan apa adanya kondisi kotak surat suara secara berjenjang,” jelasnya.

Saat ini, kotak suara disimpan di gudang Logistik Pemilu 2019 KPU Majene di Area Pelabuhan Passarang dan dijaga ketat pihak kepolisian serta Staf KPU Majene.

Secara keseluruhan Kotak Suara KPU Majene sebanyak 2.825. Layak digunakan 2.821 dan empat yang rusak.

Sementara, Muslim Sunar KPU Polewali Mandar Divisi Perencanaan Data dan Informasi mengungkapkan, menemukan lima kotak suara yang rusak dari 6.291 diraki t. Sedangkan layak pakai 6.286.

“Sebenarnya semuanya layak. Hanya ada lima tergores sedikit. Masih menunggu konfirmasi Bawaslu apakah layak atau tidak,” katanya.

“Tergores karena mungkin saat diangkut terkena benda, sehingga bocor,” lanjut Muslim.

Ketfot: Kotak Surat Suara KPU Polewali Mandar di Gedung Nasional Jl. Bahari Kel. Polewali Kec. Polewali. Foto: Muslim Sunar.

Reporter: Busriadi Bustamin

error: Content is protected !!