fbpx

Dari Kampus, Menuju Demokrasi Berkualitas

POLEWALI,Mandarnesia.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Polewali Mandar (Polman) mengharapkan, peran serta masyarakat utamanya dari kalangan mahasiswa, agar menjadi agen sosialisasi pemilu serentak mendatang.

Ketua KPU Polman Rudianto mengatakan, partisipasi pemilih dalam sebuah penyelenggaraan pemilu sangat penting.

“Mahasiswa diharapkan menjadi agen sosialisasi ke masyarakat tentang pentingnya menyalurkan hak pilih bagi masyarakat,” kata Rudianto kepada mandarnesia.com melaui pesan WhatsApp, Senin (4/2/2019) malam.

Dalam acara sosialisasi Goes To Campus di Stikes Biges yang dilaksanakan, Senin (4/2/2019) Rudianto menyampaikan, mahasiswa diajak memberikan partisipasi sebagai warga negara yang baik dengan cara ikut menyukseskan pemilu serentak 2019 nanti.

“Mereka juga diberi penjelasan tata cara untuk mengecek data mereka, apakah mereka sudah terdaftar dalam DPT atau belum,” ungkapnya.

Jika belum, lanjutnya, mereka diharapkan segera melapor ke PPS atau KPU Kab/Kota, di mana dia beralamat sesuai alamat KTP Elektronik-nya dan akan dimasukkan dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Selain itu, kata dia, mahasiswa juga diharapkan dapat melawan hoaks, menolak money politic, anti golput, serta anti politisasi SARA dalam penyelenggaraan pemilu 2019.

Munawir Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM mengatakan, sosialisasi yang dilaksanakan di kampus adalah upaya pelibatan aktif bukan hanya mahasiswa, tetapi seluruh civitas akademika di kampus tersebut.

“Kita berharap, pelibatan kampus ini dapat menjadi bagian penting dalam mendorong peningkatan kualitas demokrasi kita, khususnya pemilu dan partisipasi warga negara dalam menggunakan hak pilihnya dalam pemilu 17 April mendatang,” harapnya.

Maka dari itu, kampus yang notabene-nya tempat berkumpulnya kaum intelegensia dapat menjadi bagian penting juga bagi kerja-kerja KPU selama ini, dalam upaya peningkatan kesadaran dan kecerdasan warga negara dalam memilih pemimpin dan wakil rakyat.

“Selain Stikes Biges, kita juga akan menyasar kampus lainnya, diantaranya IAI DDI Polman, Unasman, dan Akper YPP Wonomulyo,” pungkasnya.

Foto: Rudianto Ketua KPU Polman

Reporter: Busriadi Bustamin

error: Content is protected !!