fbpx

Timeline Bumi Tipalayo Dapat Pelayanan Terbaik

POLEWALI, Mandarnesia.com-Kabupaten Polewali Mandar (Polman) kembali torehkan prestasi. Kali ini, satu-satunya di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mendapat Predikat Zona Hijau dari Ombudsman Perwakilan Sulawesi Barat (Sulbar), di Mamuju, Selasa (29/1/2019).

Sehubungan dengan hal tersebut, dalam rangka sharing peningkatan kualitas pelayanan publik, Pemkab Polewali Mandar diberikan kesempatan untuk memaparkan strategi yang dilakukan. Sehingga, dapat mencapai predikat zona hijau pada tahun 2017 dengan capaian poin 87.86. Setelah sebelumnya pada tahun 2015 berada di zona merah dengan poin 20.43.

Kala itu, tiga langkah strategis rencana aksi tindak lanjut untuk keluar dari zona merah menuju zona hijau, penguatan komitmen, perubahan pola pikir dan perilaku, regulasi dan gerakan perbup tentang nilai budaya kerja, tahun 2015 ID Card sandeq proaktif perbup penilaian penyelenggaraan pelayanan publik, 2015 penetapan standar pelayanan dan sisdur pelayanan.

Kemudian di tahun yang sama 2015 pencanangan gerakan taat jam kerja bangun kinerja, 2015 gerakan Jumat semangat apel bersama tiap Minggu dengan tiga tema, pertama apel siaga pamong praja, kedua apel pelayanan publik, dan ketiga apel evaluasi kinerja pencanangan gerakan BERSIH melayani.

Sementara pada tahun 2016 sosialisasi tagline Polewali Mandar MARASA dan Yel Yel, Polman JAGO JAGO JAGO, hari jadi Banner, dan infografis, pemberdayaan organisasi dan SDM, penguatan sembilan kecamatan sebagai penyelenggara PATEN agar sinergis dengan DPMPTSP.

MoU Ombudsman, 2016 sosialisasi dan roadshow Ombudsman ke perangkat daerah dan kecamatan, 2015 pengembangan budaya kerja dan manajemen perubahan bersama Kemenpan RB, 2015 sosialisasi kebijakan pelayanan publik dan inovasi pelayanan publik di berbagai sektor, pelatihan bagi PNS penyelenggara pelayanan utamanya pada DPMPTSP aspek pelayanan publik dalam perjanjian kinerja pimpinan OPD.

Kemudian, pengembangan sistem, pengembangan aplikasi penilaian mandiri penyelenggaraan pelayanan publik, e-yanlik Monev per tri wulan mandiri reward, piala citra playanan prima SKPD zona hijau,pengembangan aplikasi MASIGA layanan perizinan, pengembangan aplikasi SIMRS support oleh PT. TELKOM, aplikasi kawal ibu hamil, sosialiasasi dan implemantasi LAPOR! oleh KSP dan PemenpanRB, pengembangan sistem informasi manajemen kinerja pegawai perkembangan capaian. Sehingga pada tahun 2016 masuk zona kuning dan 2017 zona hijau.

Sedangkan catatan perbaikan yang masih perlu diupayakan sebagai berikut, standar pelayanan publik partisipatif, proses bisnis dan SOP berbasis visi-misi, program dan kegiatan survei kepuasan oleh seluruh perangkat daerah, peningkatan kualitas pengelolaan LAPOR, dan pengembangan sistem informasi pelayanan.

 

Humas dan Protokoler Polewali Mandar

error: Content is protected !!