Sarifah, Memijat untuk Kebutuhan Hidup

Laporan: Karmila Bakri, Polewali

KAKAK Ifa sapaan hangat untuk perempuan bernama lengkap Sarifah (54) ini. Energik dan bersahabat, keterbatasan fisik bukanlah penghalang untuk melakoni hidup. Ia termasuk perempuan kuat di tengah-tengah terpaan kebutuhan ekonomi.

Ifa bermodalkan ijasah dari Panti Sosial Bina Netra (PSBN) “Tomou Tou” Manado, selama 3 tahun mendapatkan pembinaan dan keahlian. Akhirnya ia bisa terampil sebagai tukang pijat.

Panti Sosial Bina Netra (PSBN) merupakan unit pelaksana teknis dibawah Kementerian Sosial RI, yang membuka program pelayanan dan rehabilitas sosial bagi penyandang cacat netra. Agar mereka mampu berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat. Nah, di panti inilah selama 3 tahun Kakak Ifa menjalani pembinaan dan bekal memijit. Sehingga dia mampu menggunakan keahliannya untuk “keberfungsian sosial”. Bekerja sebagai jasa pijat sangat ia syukuri.

Saat wawancara, kakak Ifa menuturkan, “Usukkuri sannami die jama’u malama’ tori ma’jama andiang ma sangga oro-oro tappa’ mesara-sarai, dia tomi mala u bei ana’naureu sicco pa’alli bau apa iya namanjappania.”

(Saya sangat bersyukur bisa bekerja seperti ini, tidak hanya duduk diam membuat orang susah, saya juga bisa menyisihkan sedikit buat ponakan saya untuk membeli ikan, karena dialah satu-satunya keluarga yang mau merawat saya dan tinggal bersama-sama).

Sepeninggal kedua orangtuanya, dan suami serta anaknya, bukanlah hal yang harus diratapi selalu. Ketegaran sosok perempuan tuna netra ini memberikan sugesti bahwa kita bisa ahli di bidang apapun selama ingin belajar dan tekun.

Ifa menyandang tuna netra saat usia 30 tahun, saat mandi di laut. Katanya panas air laut pada saat mencebur wajahnya membuat matanya pedih, dan serasa ada pasir halus masuk di matanya. Sjak itulah matanya mulai merasakan penglihatan kabur dan akhirnya lambat laun mengalami kebutaan.

Berapa tarif jasa pijat? Sebesar Rp 50 ribu per orang. Tapi ia hanya melayani khusus kaum hawa (perempuan). Pelanggan boleh dia datangi, atau boleh juga bertandang ke kediamannya di Jalan BTN Lino Maloga, Kelurahan Darma, Kecamatan Polewali. Ini nomor kontak Sarifah 082346729970 atau ponakannya, 082345419391.

“Ingat yah khusus kaum hawa.” Kakak Ifa mengingatkan.

Jumat (4/1/2019), selepas petang salah satu pelanggan yang mendatanginya mengatakan, “Pijatan kakak Ifa enak, badan jadi refresh, habis dipijat badan terasa ringan. Apalagi kakak Ifa mengajak ngobrol, dan sesekali diselingi candaan” tutur Ani.

Komentar Anda

error: Content is protected !!