Genjot Partisipasi Pemilih, KPU Polman Rekrut Relasi

POLEWALI — Peningkatan partisipasi pemilih Pemilihan Umum merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan Pemilu di suatu daerah. Target KPU RI kepada masing-masing KPU Kabupaten se-Indonesia agar mencapai 77,5% partisipasi pemilih untuk Pemilu Serentak tahun 2019.

Pada Pemilihan serentak sebelumnya, KPU Kabupaten Polewali Mandar hanya mampu mencapai 74,5% partisipasi pemilih, sehingga diharapkan pascapelantikan komisioner baru Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Polewali Mandar pada Rabu, 9 Januari lalu, mampu mengatasi sejumlah persoalan dan tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan Pemilu 2019.

KPU Kabupaten Polewali Mandar telah membuka pendaftaran calon anggota Relawan Demokrasi (Relasi) untuk membantu meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pelaksanaan Pemilu.

“Sesuai dengan juknis dan surat edaran KPU RI perihal hal ini, ada empat poin tujuan dalam program ini. Pertama meningkatkan kualitas proses pemilu, meningkatkan partisipasi pemilih, meningkatkan kepercayaan publik terhadap demokrasi dan membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda Pemilu dan demokratisasi.” Ucap Komisioner KPU Divisi SDM dan Parmas, Munawir Arifin yang membawahi langsung perekrutan tersebut.

Selain itu, Munawir menambahkan bahwa ke depan para relawan demokrasi ini juga dapat mendorong masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya secara optimal.

“Kita berharap bahwa melalui program rekrutmen relawan demokrasi ini, mampu mendorong peran serta masyarakat dan tumbuhnya kesadaran tinggi serta tanggung jawab penuh masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya,” tutup Munawir.

Rilis: kpu.polmankab.go.id

Komentar Anda