Raharjo : Bupati Polewali Mandar Memiliki Inovasi Ekonomi

Wawancara Khusus Dubes RI untuk Kerajaan Bahrain

Bahrain, mandarnesia.com-Polewali Mandar dalam jejaknya di Kota Bahrain tidak hanya memporomosikan produk lokal, tapi juga sedang melalukakan penjajakan untuk membangun hubungan dagang. Berikut wawancara eksklusif Humas & Protokoler Pemkab Polewali Mandar DR. Aco Musaddad HM dengan Duta Besar Indonesia untuk Bahrain.

Aco Musaddad: Apa kelebihan dari Bahrain jika dibandingkan dengan negara-negara Arab lainnya?

Rahardjo: Bahrain mungkin hanyalah sebesar kota Jakarta (664KM) dengan luas sekitar 765 KM saja berada di sebelah timur Arab Saudi, namun meskipun tergolong negara-negara terkecil namun Bahrain masuk juga dalam deretan negara yang paling mentereng di dunia terutama dalam kemampuan ekonominya. Perekonomian bahrain sangat stabil sehingga termasuk negara paling makmur di dunia. Bahkan orang terpelajarnya juga semakin disegani.

Aco Musaddad: Bagaimana jaringan kerja sama antara Indonesia dan Bahrain selama ini?

Rahardjo: Kedutaan Besar Indonesia untuk Bahrain baru terbentuk, sayapun masih dua tahun menjadi Dubes, terus terang kerja sama ekonomi antar Indonesia khusus pada produk lokal selama ini belum dilakukan, dan saya mengucapkan terima kasih sebesar-sebesarnya kepada Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar dalam hal ini Bapak Bupati H. Andi Ibrahim Masdar yang memiliki inovasi dengan membuka jaringan ekonomi ke Bahrain, dan Polewali Mandar merupakan Kabupaten yang pertama yang membuka jaringan bisnis ini.

Bagaimana potensi dan minat dunia Arab khususnya Bahrain dalam hal kopi dan coklat?

Rahardjo: Sangat menjanjikan dan ini terlihat di stand Kopi dan Coklat Polewali  Mandar sangat diminati oleh para pengunjung dan yang terpenting adalah pelayanan kita kepada mereka harus ramah sehingga mereka merasa nyaman. Dan tatkala mereka nyaman tentu mereka ada minat untuk mencoba dan akhirnya membeli produk kita.

Aco Musaddad HM: Apa yang harus dipersiapkan oleh Pemkab Polewali Mandar untuk melanjutkan jaringan bisnis kopi dan coklat di pasar Bahrain dan Timur Tengah?

Rahardjo: Yang harus dilakukan Pemkab Polewali Mandar adalah terus memperbaiki kualitas kopi dan coklatnya, dan segera membangun jaringan atau kontak dengan pengusaha Arab, dan banyak mengikuti event internasional baik di lakukan di luar negeri maupun di Indonesia.

Humas & Protokoler Polewali Mandar

Raharjo : Bupati Polewali Mandar Memiliki Inovasi Ekonomi

Komentar Anda