Transmigran Diharap Betah di Saluandeang

MAMUJU, Mandarnvesia.com — 20 Kepala Keluarga (KK) transmigran asal Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan Daerah Istimewa Yogyakarta tiba di Bandara Tampa Padang Mamuju. Transmigran tersebut akan ditempatkan di UPT. Saluandeang, Kabupaten Mamuju Tengah.

Setiap KK akan mendapatkan pekarangan seluas 0,9 hektar dan lahan yang telah telah ditanami sawit 0,1. Bukan hanya itu, selama satu tahun transmigran akan ditangung biaya hidup termasuk kesehatan.

“Nanti di sana itu memang sudah ada disediakan. Laporan dari transmigrasi Kabupaten Mamuju Tengah sudah mendapatkan pekarangan 0,9 hektar dan lahan 0,1 hektar yang telah dipersiapkan tanaman sawit,” kata Kepala Dinas Transmigrasi Provinsi Sulawesi Barat, Herdin Ismail saat acara penyambutan transmigrasi di Bandara Tampa Padang Mamuju, Rabu (21/11/2018).

Pemerintah berharap lahan tersebut dapat dioptimalkan dengan baik. Karena penanggungan hanya ditangung selama satu tahun.

“Satu tahun diberikan beras, diberikan kebutuhan-kebutuhan yang lain, termasuk kalau misalnya, ada yang sakit. Kementerian Transmigrasi menyiapkan anggaran untuk itu. Kami berharap khusus pada pendamping, minta tolong administrasi kependudukannya, kemudian persoalan BPJS-nya itu bisa tuntas,” harap Herdin.

Karena, sambung Herdin kalau ini tidak tuntas akan merepotkan transmigran.

“Kami cuma berharap, tolong jangan tinggalkan Sulbar! Itu sudah jadi kampung kalian,” tutupnya.

Reporter: Sudirman Syarif

Foto: Humas Pemprov Sulbar

Komentar Anda