Menghitung Partisipasi Pemilu 2019

Oleh Adi Arwan Alimin

2019. Tahun yang amat penting bagi Republik ini. Pada tarikh yang akan menghitung dan menimbang sebuah proses suksesi terbesar dalam indeks sejarah kepemiluan yang kelak akan dilihat sebagai senarai bagi Pemilu berikutnya. Pemilihan umum kali ini sekaligus akan kembali menguji kekuatan batin pemilih dalam menentukan pilihan terbaiknya.

Hari H tanggal 17 April 2019 memang masih jauh dari hari ini. Namun serasa berjalan amat cepat. Semua tahapan Pemilu pun lamat-lamat berjalan dengan pasti. Pekan lalu, logistik berupa kotak suara dan bilik suara pun telah datang dan disimpan di gudang-gudang KPU. Saat berada di Kabupaten Pasangkayu, wilayah paling utara Sulawesi Barat, melihat proses bongkar simpan logistik, penulis merasakan suasana gempita Pemilu itu makin damping.

Apa yang berbeda dari Pemilu sebelumnya? Sebut saja, di Tempat Pemungutan Suara (TPS) nanti, setiap pemilih akan diberikan lima surat suara. Mulai dari surat suara untuk DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPD RI, DPR RI hingga Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Pembaca dapat membayangkan bagaimana riuhnya TPS terdekat dari rumah masing-masing.

Komentar Anda