066 Pekkabata Deklarasikan Sekolah Ramah Anak

Polewali, mandarnesia.com–SD Negeri 066 Pekkabata adalah satu-satunya SD Rujukan di Kabupaten Polewali Mandar, yang saat ini menjadi salah satu sekolah jenjang pendidikan dasar menuju Sekolah Ramah Anak (SRA). SD Negeri 066 Pekkabata berkomitmen melaksanakan program Sekolah Ramah Anak (SRA) yang memenuhi hak dan melindungi peserta didik selama mereka berada di sekolah, menjadi sekolah yang aman dan nyaman tanpa ada bullying dan kekerasan, memberi ruang kepada semua warga sekolah untuk berpartisipasi dan berinovasi dalam setiap kegiatan tanpa diskriminasi dan senioritas sehingga semua anak berkesempatan yang sama mulai dari kelas awal sampai kelas lanjutan.

Diharapkan dengan perlakuan ini, anak-anak akan betah di sekolah. Pelibatan orang tua peserta didik menjadi prioritas di SD negeri 066 Pekkabata, karena bagaimanapun anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu di rumah daripada di sekolah. Sehingga berbagai aturan-aturan dan pembiasaan-pembiasaan juga secara konsisten dilaksanakan di rumah, khususnya dalam penanaman karakter kepada peserta didik yang menjunjung tinggi nilai Religius, Nasionalis, Integritas, Mandiri, dan Gotong Royong.

Tim Pengemban Sekolah Ramah Anak (SRA) SD Negeri 066 Pekkabata melibatkan semua tenaga pendidik dan kependidikan, beserta pengurus komite sebagai bentuk komitmen pada program Sekolah Ramah Anak (SRA) di Kabupaten Polewali Mandar. Tim Sekolah Ramah Anak (SRA) SD Negeri 066 Pekkabata sebagai Pembina adalah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Polewali Mandar, dan penanggung jawab Kepala SD Negeri 066 Pekkabata. Bertindak sebagai Ketua Pelaksana Sitti Nurwana, S.Pd., M.Pd, dibantu Bidang Pengawasan Pelaksanaan Pembelajaran yang Ramah Anak diketuai oleh Mardia, S.Pd.I., M.Pd.I dan dibantu beberapa guru, Bidang Pengawasan Kesehatan dan Lingkungan diketuai oleh Muhammad Rusdi, S.Pd dan dibantu beberapa guru. Untuk Tim Monitoring dan Evaluasi dan Bidang Koordinasi dan Sosialisasi dikoordinir langsung dari DP2KBP3A dan BALITBANGREN.

Tim Sekolah Ramah Anak (SRA) SD Negeri 066 Pekkabata dari peserta didik terdiri atas 10 Tim: 1) Tim Dokter Kecil, 2) Tim UKS/PMR, 3) Tim Green House “Tuo Marendeng”, 4)Tim Kolam Ikan “Mameang”, 5) Tim Anak Kreatif “Manarang Lima”, 6) Tim Tanaman Obat Sekolah (TOSA), 7) Tim Bank Sampah “Ma’guna Laeng”, 8) Tim Pramuka terdiri atas Penggalang dan Siaga, 9) Tim Kelompok Anak Pencinta Literasi, dan 10) Tim Olah Raga “Merah Putih”.

Deklarasi Sekolah Ramah Anak (SRA) SD Negeri 066 Pekkabata dihadiri langsung oleh Bapak Wakil Bupati Kabupaten Polewali Mandar Bapak Drs. H. M. Natsir Rahmat, MM bersama Rombongan. Dalam acara serahterima Ikrar Deklarasi yang telah ditanda tangani oleh Bapak Wakil Bupati, Beliau mengamanahkan agar semua bentuk komitmen yang diikrarkan dilaksanakan dengan baik dan penuh tanggung jawab.

Rangkaian acara Deklarasi Sekolah Ramah Anak (SRA) SD Negeri 066 Pekkabata melibatkan 674 peserta didik, 32 orang tenaga pendidik dan kependidikan, serta beberapa orang tua siswa. Kegiatan dimulai sejak Pukul 06.30 yaitu penyambutan anak: Senyum, Salam, Sapa. Pukul 07.00 semua peserta didik berkumpul dilapangan menyanyikan Lagu Indonesia Raya 3 Stanza, yang diselingi yel-yel SRA dan Tepuk Hak Anak, untuk memberikan semangat kepada anak.

Setelah itu, dilanjutkan sarapan sehat bersama yang disiapkan oleh orang tua di kelas masing-masing yang diawali dengan kegiatan cuci tangan untuk membiasakan Perlaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada anak, dan dilanjutkan dengan membaca doa makan yang dipimpin oleh salah seorang siswa. Selesai makan dilanjutkan doa bersama dan kembali cuci tangan untuk membiasakan Perlaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Selanjutnya kegiatan literasi sebagai bentuk pengembangan pembiasaan membaca pada anak sejak dini dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk menceritakan kembali hasil bacaannya. Kegiatan OCD dilanjutkan  dengan gerakan cinta lingkungan dan Hemat Energi, yakni kegiatan menyingkirkan tanaman, barang, atau hal-hal lain yang dapat membahayakan, dan kegiatan patroli lampu dan kran air. Lampu dipastikan mati, kran air dipastikan tidak ada yang mengalir. Semua dilakukan dalam suasana yang menyenangkan sehingga anak tidak terbebani.

Kegiatan akhir sebelum deklarasi adalah senam Germas dan permainan rakyat yang bertujuan untuk melestarikan berbagai bentuk permainan anak. Permainan rakyat yang ditampilkan antara lain: makkaracang, engran ka’daro, ma’dende untuk anak kelas 1 dan 2, redi papan, layang-layang, bermain karet, ma’goli, rangku alu, ma’bekkel,  mangasin, dan main ular naga panjang. Antusiasme anak dalam bermain sungguh luar biasa, mereka dengan bersemangat melakukan permainan.  Kegiatan OCD SD Negeri 066 Pekkabata ditutup dengan lagu Maju Tak Gentar.

Komitmen TIM SRA SD Negeri 066 Pekkabata, baik dari pendidik maupun peserta didik akan selalu berupaya membuat SD Negeri 066 Pekkabata bersih, asri, indah, dan sehat untuk mewujudkan anak senang, guru tenang, dan orang tua bahagia.

Humas & Protokoler Polewali Mandar

Komentar Anda