Buat Wanita, Ini Tips Menjaga Kecantikan

Manusia lahir dengan keadaannya, sebagai khalifah wajib hukumnya menjaga apa yang sudah diberikan kepadanya. Dua jenis kelamin ciptaan Tuhan yang dilengkapi dengan akal dan hati, sehingga disebut sebagai makhluk sempurna.

Menjaga dan merawat diri merupakan bentuk kesyukuran atas apa yang sudah dikaruniakan sang khaliq kepada hambaNya. Berikut redaksi mengumpulkan laporan dari berbagai sumber, semoga berkenan.

Perempuan perancis termasuk terbaik dalam hal merawat kulit, seperti yang ditukilan Nova.id dengan mencantumkan tips sederhana ala perempuan Prancis.

Ternyata perempuan perancis tidak takut akan penuaan dini, mereka lebih memilih menggunakan minya natural atau perawatan dengan madu. Juga mereka suka mengonsumsi buah dan sayur serta menjaga kesehatan mereka.

Sebaiknya kita tidak menggunakan pembersih yang kasar. Perempuan di Prancis lebih suka memakai produk natural dan memiliki zat kimia paling sedikit.

Perempuan Prancis ketika berdandan biasanya mereka memilih yang terlihat natural, tidak berlebihan.

Salah satu yang agak mudah ditiru adalah tidak mengikat rambut terlalu kuat karena dapat menyebabkan rambut rusak dan rontok.

Perempuan Prancis pun lebih memilih memakai perawatan kulit natural. Kita bisa memakai garam, minyak zaitun, dan minyak almond yang telah dicampur sebagai scrub. Lalu digosokkan ke tangan. Scrub ini berguna untuk membuat kulit tangan kita tetap halus.

Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup karena kulit butuh terhidrasi. Inilah yang membuat kulit mereka tetap bersinar.

Tips selanjutnya redaksi juga memberikan tips perawatan kecantikan di malam hari. Bagaimaa caranya simak tutorial di bawah ini yang disadur dari merdeka.com.

Jika anda sering menggunakan make up maka sebaiknya dibersihkan dengan sempurna agar pori-pori terbuka dan kulit bisa beristirahat dari bahan kimia dalam kosmetik, sebelum tidur selalu sempatkan untuk membersihkan seluruh makeup di wajah. Gunakan kapas dan cleanser agar semua sisa makeup terangkat sempurna. Setelah itu bilas wajah atau gunakan toner. Kalaupun seharian ini Anda tidak mengenakan makeup, pastikan untuk tetap membersihkan wajah, karena aktivitas yang Anda lakukan sejak pagi menyebabkan kuman dan kotoran menempel di permukaan kulit. Jika tidak dibersihkan, salah-salah timbul jerawat.

Ketika tidur kulit pun butuh pelembab, karena saat terlelap pori-pori kulit terbuka sehingga lebih mudah menyerap nutrisi daripada saat pagi dan siang hari. Anda bisa menggunakan krim malam yang cocok untuk jenis kulit Anda. Pilih yang formulanya ringan dan tidak menyebabkan komedo (non-comedogenic). Lakukan pemijatan lembut saat aplikasi agar sirkulasi darah lancar.

Jika selesai mengoleskan krim malam, jangan langsung tidur karena krim bisa menempel di bantal, luangkan waktu setidaknya 20 menit agar nutrisi dalam krim sempat diserap kulit wajah.

Tidak hanya dari luar, kelembapan kulit juga perlu dijaga dari dalam. Untuk itu minumlah segelas air putih sebelum tidur. Air putih dapat membantu menetralkan garam dan bahan-bahan tak sehat dalam makanan yang Anda konsumsi, sehingga kulit terjaga dari kekusaman. Tak ada salahnya kalau Anda juga menambahkan konsumsi vitamin E.

Anda harus rajin mengganti sarung bantal, setidaknya seminggu sekali, bantal yang Anda tiduri setiap hari adalah tempat ideal untuk berkembangbiaknya kuman. Sisa makeup di wajah seta minyak dan kotoran rambut selama berhari-hari menempel di sana. Jika wajah Anda yang sudah bersih menempel di sana, kuman dan bakteri tersebut akan berpindah ke kulit wajah.

Tidur cukup pun menjadi dan nyenyak adalah rahasia utama agar kulit tetap dalam kondisi prima. Pastikan jam tidur Anda cukup. Biasakan tidur tanpa membiarkan lampu menyala, karena hal itu bisa merangsang kerja hormon yang meregenerasi sel tubuh Anda.

Untuk melengkapi tips ini, mandarnesia.com juga memberikan tips Islami, bagaimana caranya simak penjelasan berikut yang dirangkum dari merdeka.com.

Seiring berjalannya usia, kecantikan seorang wanita akan memudar. Dengan usia yang semakin bertambah, beberapa masalah akan mengganggu wajah wanita sehingga mengurangi kecantikannya. Seperti timbulnya flek hitam, kulit mengalami pecah-pecah, iritasi bahkan tanda-tanda penuaan dini. Oleh karena itu untuk mempertahankan kecantikan tersebut, para wanita mesti pintar merawat anugerah dari sang Maha Pencipta. Tapi tentu perawatan tersebut dengan cara yang alami dan Islami. Berikut tips menjaga kecantikan secara Islami dikutip dari buku Cantik Islami karya Muhammad Kamil Hasan al Mahami:

1. Berwudhu setiap saat

Wudhu tidak hanya membersihkan batin manusia, tapi juga membersihkan fisiknya. Semua kotoran yang menempel di wajah, tangan, kaki akan lenyap saat dibasuh oleh air wudhu. Seorang wanita yang bersih dari najis dan kotoran akan terlihat indah, cantik dan menawan. Tak cuma itu, wajahnya juga akan memancarkan keanggunan.

2. Puasa sunnah

Puasa tidak hanya berpahala bagi yang mengerjakan, melainkan akan membuat tubuh dan jiwanya terlindung dari berbagai penyakit yang kerap kali masuk ke dalam tubuh melalui makanan. Puasa membuat seseorang mampu menahan diri dari segala godaan dan juga emosi.

Karena, orang yang mampu mengendalikan diri akan terlihat ceria dan murah senyum. Meski begitu, tidak boleh puasa dengan niat untuk diet atau lainnya. Niatkan puasa karena Allah SWT.

3. Membaca Basmalah setiap makan dan minum

Terkait hal ini Rasulullah SAW bersabda, “Setiap perkara penting, jika tidak dimulai Basmalah, maka perkara itu tidak akan membawa berkah,”. Maka dengan membaca Basmalah, Allah akan menyelamatkan dari sesuatu yang mungkin terdapat dalam makanan dan minuman tersebut. Bisa saja makanan dan minuman yang akan disantap mengandung zat berbahaya bagi kesehatan fisik.

4. Hanya makan makanan halal

Dengan makan makanan yang halal makan tubuh akan sehat. Sesuatu yang menyehatkan pasti akan membuat tubuh bisa berfungsi normal dan seimbang.

Jika tubuh wanita sehat, maka dia akan tampak ceria dan segar. Apalagi diselimuti keberkahan dari Allah.

5. Tidak makan berlebihan

Allah tidak menyukai hambanya yang bersifat berlebih-lebihan. Begitu pula dengan makan, karena baiknya makan itu sesuai dengan kebutuhan atau porsi.

“Makan dan minumlah, tapi jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan,”. (QS Al Araaf).

Selain itu, makan berlebihan bisa berakibat buruk bagi kesehatan tubuh. Sehingga akan mendatangkan berbagai penyakit dan kelebihan berat badan. Dengan demikian tentu akan mengurangi kecantikan seorang wanita. Umar bin Khattab berkata, “Janganlah kalian makan dan minum terlalu kenyang, karena dapat merusak tubuh dan mendatangkan penyakit serta menyebabkan kemalasan dalam menjalankan salat. Hendaklah kalian sederhana dalam makan dan minum. Sebab, yang demikian itu lebih baik bagi tubuh dan jauh dari pemborosan. Allah sangat membenci orang yang besar dan terlalu gemuk. Dan tidaklah seseorang akan celaka sehingga dia mendahulukan syahwat atas agamanya,”.

Tapi sebenarnya, daya tarik wanita tidak hanya terlihat dari segi fisik. Karena cantik sesungguhnya adalah yang terpancar dari dalam diri atau hati. Cantik dari hati akan mampu mengalahkan pesona fisik.

Dari berbagai sumber.

Komentar Anda