fbpx

Election Camp Cara KPU Mamuju Tengah Sosialisasi Pemilu

Mandarnesia.com — Berbagai cara dilakukan untuk menarik perhatian kaum milenial agar melek demokrasi. Camp Election menjadi cara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupatrn Mamuju Tengah, Sulawesi Barat untuk mensosialisaikan pendidikan pemula, pemilih perempuan dan penyandang disabilitas.

Bertempat di lapangan sepak bola Uwai Pute Mamuju Tengah kegiatan perkemahan yang diikuti sekitar 65 peserta itu digelar. Mereka berasal dari anggota Gerakan Pramuka, segmen disabilitas, dan perempuan.

Dalam sambutannya Ketua KPU Mamuju Tengah Suryadi Rahmat menyampaikan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman sejak dini bagi pemilih pemula tentang pentingnya Pemilu.

“Memilih bukan hanya masuk di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Namun lebih dari itu. Sehingga kita mesti melahirkan pemilih yang berintegritas dalam menyuarakan hak pemilih,” kata Suryadi, Jumat (31/8/2018) malam.

Ia juga menyampaikan penyelenggaraan Pemilu bukan hanya tanggung jawab KPU. Tapi menjadi tanggung jawab semua pihak.

“Jika sudah 17 tahun, baik penyandang disabilitas punya hak untuk memilih. Kita akan memberikan materi kepemiluan, dengan baik sehingga mereka menjadi pemilih yang baik,” harap mantan aktivis Unhas itu.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Wilayah Kabupaten Mamuju Tengah, Adi Arwan Alimin menyampaikan bahwa saat ini KPU RI sedang menggagas berdirinya satuan karya Pramuka. Menurutnya, melalui Gerakan Pramuka sejak dini generasi muda dapat mengenal sistem demokrasi.

“Saka Pemilu atau Saka Demokrasi akan dibahas di Makassar bulan depan. Untuk tahapan Pemilu 2019 Election Camp ini baru pertama kali dilakukan di Indonesia. Kita sangat berharap Pramuka bisa menjadi bagian dari KPU,” sebut Adi Arwan.

“Pemilih adalah urusan kita bersama dan kita berharap semua yang hadir bisa menjadi bagian dari agen-agen demokrasi berkualitas,” ujarnya menyemangati peserta Election Camp.

Reporter: Sudirman Syarif

Komentar Anda