H. Darwin Badaruddin, Pejabat sekaligus Petani

Tidak banyak sosok pejabat sekelas asisten yang mau ‘berbecek-becek’ menjadi petani. Drs. H. Darwin Badaruddin, M.Pd, Asisten II Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat, adalah salah satu contoh bagi seluruh insan pertanian di Indonesia. H. Darwin Badaruddin bisa dijadikan contoh bagaimana kecintaannya terhadap dunia tani.

Menjadi petani sudah dilakoninya sejak duduk di bangku sekolah hingga bangku kuliah. Hasil bertani itu pulalah yang melanjutkan asanya dalam menempuh pendidikan. Hingga kini walaupun sudah menduduki jabatan di Kabupaten Polewali Mandar, beliau tetap memilih jalan sunyi sebagai petani.

“Beliau masih memegang teguh kebiasaan di masa kecilnya. Ini menjadi contoh dan memberikan motivasi lebih bagi kita semua terutama sarjana pertanian, bahwa bertani bukan hanya demi ekonomi tapi kecintaan dan panggilan hati” ungkap Salman.

Sebagai putra daerah yang berasal dari Polewali Mandar Sulawesi Barat dan juga Alumni Pertanian serta pendiri dan saat ini menjadi Ketua Dewan Pengawas Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonedia (PISPI) ikut bangga, haru dan terinspirasi langkah kakanda H. Darwin Badaruddin sekaligus merasa, ‘iri dan malu’ sebagai sarjana pertanian. Sukses dan sehat selalu semoga terus menginspirasi bangsa yang sangat potensial menjadi bangsa penghasil produk-produk pertanian untuk pangan bangsa dan dunia, amin ya Allah.

Netizen : Salman Dianda Anwar

Foto : Salman Dianda Anwar

Komentar Anda