fbpx

Nahkoda IKMSB Kota Malang DIlantik

Malang-Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Barat Arifuddin Toppo melantik sebanyak 33 Pengurus Ikatan Keluarga Mahasiswa Sulawesi Barat Malang (IKMSB Malang) Periode 2017-2019 dengan rincian BPH sebanyak 14 pengurus dan anggota bidang sebanyak 19 pengurus. Pelantikan tersebut, digelar di Aula Pendopo Kabupaten Malang, Jawa Timur Sabtu 16 Desember 2017.

Sesuai hasil keputusan Musyawarah Besar maka IKMSB Malang mengamanahkan A.Muh. Ilham Rusali Masdar menjadi Ketua Umum dan Muhammad Sulfian sebagai Sekertaris Umum IKMSB Malang periode 2017-2019.

“Tentunya tidak mudah dalam menjalankan sebuah kepengurusan terlebih anggota Organisasi Daerah ini tersebar pada Puluhan kampus yang ada di Malang. Yang perlu kita tanamkan bersama adalah bekerja sesuai dengan AD/ART yang dilandasi dengan rasa ikhlas dan kesetiaan. Sebagaimana nilai luhur kemandaran tentang kesetiaan yang mengatakan “naruao lembong narua toa’, tumbiringo’o na mallewaima’, tallango’o na mattimbaima, nyawa siandarang, cera’ silolongngi” artinya (jika engkau terkena ombak, saya juga ikut terkena, engkau goyah akan aku stabilkan, engkau tenggelam saya akan apungkan, jiwa melayang bersama dan darah mengalir bersama). Dengan nilai luhur tersebut saya menegaskan bahwa IKMSB Malang adalah rumah kita Bersama”, Pungkas Ilham Rusali Masdar dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Ahmad Mansur selaku dewan penasehat organisasi dalam sambutannya mengatakan, bahwa sejak berdirinya IKMSB Malang tiga tahun lalu menunjukkan pengaruh signifikan terhadap peningkatan jumlah mahasiswa baru asal Sulawesi Barat yang memilih kuliah di Malang, peningkatan pertahunnya melebihi 100% dari tahun sebelumnya, sehingga jumlah total anggota IKMS Malang sampai hari ini yaitu lebih dari 100 mahasiswa. Hal inilah yang harus menjadi perhatian serius pemerintah provinsi Sulbar ke depan, bahwa kehadiran Asrama mahasiswa sangat dibutuhkan oleh mahasiswa Sulbar yang ada di kota Malang. Ditambahkannya, bahwa IKMSB tidak sendiri, tetapi ada pula Komunitas Mahasiswa Mandar Malang (Komandang) yang jumlahnya hampir sama dengan IKMSB, yang senantiasa melestarikan dan memperkenalkan seni budaya Mandar di kota Malang.

Acara pelantikan tersebut selain dihadiri oleh Arifuddin Toppo, juga dihadiri Kepala Dispora Kabupaten Malang Khoirul Fatoni mewakili Bupati Malang yang sedang menjalankan ibadah umrah di Tanah Suci. Kemudian hadir pula beberapa Organisasi Daerah, seperti Ikatan Pelajar Mahasiswa Polewali Mandar Yogyakarta (IPMPY Yogyakarta), KPMP Samarinda, Forum Mahasiswa Magister Sulawesi Selatan Malang, Komunitas Mahasiswa Mandar Malang, Orda Sumatera, Kalimantan dan lain-lain.

Arifuddin Toppo dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, tidak dapat menghadiri acara pelantikan IKMSB Malang karena ada agenda yang tidak bisa ditinggalkan di Jakarta. Semoga dengan dilantiknya pengurus baru pada periode ini dapat menjadi energi baru dalam mengembangkan organisasi, terlebih anak-anakku sekalian adalah duta daerah Sulawesi Barat yang kelak akan menjadi generasi penerus bangsa khususnya dalam memajukan Provinsi Sulawesi Barat, sebab pemerintah sangat mendukung peningkatan mutu Pendidikan karena hanya melalui Pendidikan maka peradaban yang gemilang dapat tercipta.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Dispora Kabupaten Malang Khoirul Fatoni, bahwa pemerintah Kabupaten Malang selalu mendukung kegiatan kepemudaan dan pelajar khususnya mahasiswa karena Malang adalah Kota Pendidikan, Pariwisata dan Industri sehingga Malang memiliki nilai lebih dibandingkan dengan kota-kota pendidikan lainnya, oleh karena itu manfaatkan waktu dengan sebaik mungkin karena mahasiswa yang ideal adalah mahasiswa yang akademiknya bagus dan aktif di organisasi, karena organisasi bisa menjadi wadah pengembangan diri teman-teman sekalian.

Acara pelantikan berjalan dengan hikmat dan diakhiri dengan acara ramah tamah bersama para tamu undangan.

Penulis : Muhammad Sulfian (Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang)

Komentar Anda