fbpx

Kasdam Tutup TMMD Manunggal 2017

MAMUJU – Upacara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 99 2017, berlangsung di Lapangan Bahagia Galung Kecamatan Tapalang, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, Rabu (2/8/2017).

Dalam kegiatan TMMD tersebut, ditutup langsung oleh Kasdam XIV Hasanuddin Brigjen TNI Supartodi didampingi Staf Khusus Pandam, Kasdam Logistik, Kakorda Kemenham Provinsi Sulbar, Kasrem 142 Tatag, Dandim Mamuju, Kapolres Mamuju, Bupati Mamuju, dan juga dihadiri anggota OPD Kabupaten Mamuju dan pendidik.

Dalam sambutannya, Kepala Staf Kodam (Kasdam) XIV Hasanuddin Brigjen TNI Supartodi mengatakan, program TNI manunggal sudah dimulai sejak tahun 80-an dengan sebutan ABRI Masuk Desa (AMD), setelah berbagai evaluasi penyempurnaan program AMD yang sudah berlangsung 37 tahun semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Mengingat sebagian besar wilayah Indonesia merupakan wilayah pedesaan sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana prasarana dan infrastruktur wilayah masih sangat relevan dan sesuai dengan UU,” katanya.

Keberhasilan TMMD menurut Supartodi, sangat dirasakan masyarakat atau pemerintah daerah sehingga pemerintah daerah bersama rakyatnya meminta TMMD ditambah.
[perfectpullquote align=”full” cite=”” link=”” color=”” class=”” size=””]
“Pada tahun 2017 ini menjadi program TMMD yang semula dua kali dalam setahun dirubah menjadi tiga kali setahun sesuai surat Menteri Dalam Negeri RI kepada gubernur dan bupati/walikota tanggal 16 Januari 2017 tentang penambahan kegiatan TMMD dari dua kali menjadi tiga kali dalam setahun,” tuturnya.[/perfectpullquote]

Program TMMD yang ke 99 tahun 2017 merupakan tahun ketiga dari rencana strategis TNI. Sehingga, keberhasilan ini tambahnya akan menjadi tolok ukur keberhasilan tahun-tahun selanjutnya.

“Bila perencanaan dan laporan hasil kegiatan melalui proses yang prima selektif dan akurat di lapangan maka akan menghasilkan kegiatan yang optimal pula,” ungkap jenderal bintang satu itu.

#AyubKalapadang/BusriadiBustamin

error: Content is protected !!