fbpx

Gerakan Indonesia Mandiri Fokus Peningkatan Perilaku

MAMUJU-Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulbar Dadal Angkoro mengatakan, gerakan Indonesia mandiri, akan difokuskan pada peningkatan perilaku yang mendukung tercapainya kemandirian bangsa dalam berbagai sektor kehidupan.

Seperti, peningkatan perilaku yang mendukung tercapainya pertumbuhan kewirausahaan dan ekonomi kreatif, peningkatan peran koperasi dan UMKM terhadap ekonomi nasional, peningkatan apresiasi seni, kreativitas karya budaya dan warisan budaya, peningkatan perilaku yang mendukung tercapainya pemerataan ekonomi dan pengembangan potensi daerah tertinggal, dan peningkatan perilaku yang mendukung penggunaan produk.

“Ragam tantangan keuangan regional dan masih relatif rendahnya kemampuan daerah dalam menghasilkan dana pembangunan secara mandiri. Hal ini berimplikasi pada keterbatasan sistem keuangan regional untuk mendorong sejumlah kegiatan ekonomi yang produktif bagi pembangunan daerah,” kata Dadal saat menyampaikan sambutannya pada acara Launching Gerakan Nasional Revolusi Mental (Gerakan Indonesia Mandiri) melalui Wirausaha Baru Indonesia (WUBI) Sulawesi Barat 2017 di ruang pertemuan Hotel D’Maleo Mamuju, Selasa (2/4/2017).

Lanjut dikatakan, pada tingkat regional, tantangan terbesar adalah mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang berdaya saing, berkesinambungan, dan menghasilkan pendapatan yang lebih baik.

“Melalui seminar wirausaha baru Indonesia serta berbagai pelatihan lanjutan diharapkan, para pelaku usaha UMKM yang dilatih dapat menjadi petarung-petarung ekonomi yang mampu memberikan dampak bagi perekonomian Sulbar,” harapnya.

Dadal menjelaskan, pelaksanaan kegiatan WUBI merupakan jawaban atas Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 12 Tahun 2016, yang mempunyai tujuan untuk memperbaiki serta membangun karakter bangsa Indonesia dalam melaksanakan revolusi mental.

Di tempat yang sama, Asisten I Bidang Pemerintahan Pemprov Sulbar Nur Alam Tahir mengatakan, dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi, tentu didukung oleh usaha -usaha ekonomi yang baik.

“Saya kira Bank Indonesia telah menjabarkan lebih jauh, bagaimana mendukung gerakan Indonesia mandiri dengan membentuk wirausaha baru. Langkah ini sangat baik untuk mendukung peningkatan ekonomi di Sulawesi Barat. Atas nama pemerintah provinsi Sulawesi Barat mengapresiasi kegiatan seperti ini,” pungkas Nur Alam.
#BusriadiBustamin

error: Content is protected !!